Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BIN: Tiga Anggota Din Minimi Masih Berkeliaran Membawa Senjata

Kompas.com - 29/12/2015, 19:32 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso mengatakan bahwa saat ini masih ada tiga anggota kelompok bersenjata pimpinan Din Minimi yang berkeliaran di pedalaman Aceh.

Ketiga orang itu memisahkan diri dengan kelompok Din Minimi sebelum Sutiyoso meminta kelompok tersebut menyerahkan diri.

"Tiga orang lepas, sudah lama pergi tidak bisa diakses. Lama, sebelum saya berkomunikasi dengan Din Minimi," kata Sutiyoso di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (29/12/2015).

(Baca: Kelompok Din Minimi Ajukan Enam Syarat Sebelum Menyerahkan Diri)

Oleh karena itu, Sutiyoso berharap tiga orang bersenjata tersebut juga segera menyerahkan diri. Sutiyoso mengatakan ketiga orang itu akan menjadi buruan polisi karena membawa senjata tanpa izin.

"Bawa senjata tentu bisa lakukan tindakan kriminal. Din Minimi bilang kalau tiga orang ini bisa merugikan kelompoknya," ucap Sutiyoso.

(Baca: Cerita Sutiyoso Saat Berkomunikasi Intens Selama Sebulan dengan Din Minimi)

Setelah dijanjikan bahwa semua syarat yang diajukan akan dipenuhi, kelompok bersenjata pimpinan Din Minimi menyerahkan diri serta menyerahkan puluhan senjata, amunisi, dan granat. Menurut Sutiyoso, ada sekitar 120 anggota kelompok Din Minimi turun gunung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com