Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Malinau: Visi Daerah Tecermin dari SKPD

Kompas.com - 08/11/2014, 12:40 WIB
Abba Gabrillin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Bupati Malinau Kalimantan Utara Yansen Tipa Padan mengatakan, salah satu cerminan visi pembangunan daerah adalah kinerja satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Menurut Yansen, agenda kerja dan anggaran pembangunan oleh SKPD juga menjadi salah satu kunci pembangunan desa.

"SKPD tidak hanya fokus mengelola bidang masing-masing. Tidak mengejar dana besar, tapi bekerja sama saling menopang untuk membangun desa," ujar Yansen, saat menjadi pembicara dalam diskusi Kompasiana, "Revolusi dari Desa", yang digelar di Hotel Santika, Jakarta, Sabtu (8/11/2014).

Yansen mengatakan, perencanaan mekanisme pembangunan desa yang dijalankan oleh semua perangkat pemerintah daerah perlu mengikuti kebijakan yang dihasilkan dalam musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang). Meskipun masing-masing SKPD memiliki tugas yang berbeda, menurut Yansen, kerja sama yang terpadu akan semakin membangun percepatan pembangunan di desa.

Salah satu peran SKPD, menurut Yansen, adalah mengatur tata hubungan kerja dengan masing-masing lembaga di desa. Selain itu, dalam mekanisme pembangunan daerah, menurut Yansen, anggaran yang dikeluarkan bagi SKPD juga perlu disesuaikan oleh beberapa hal.

"Mengenai anggaran SKPD, perlu diketahui, apakah memang benar-benar dibutuhkan, apakah untuk program unggulan, apakah menjadi akses pembangunan?" kata Yansen.

Sebagai seorang bupati, Yansen yang mengagas peningkatan pencapaian pemerintah daerah,  menilai, setiap program pembangunan nasional pada dasarnya harus diawali dari tingkat desa. Menurut dia, simpul pembangunan nasional sesungguhnya adalah di desa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com