Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK: Penanganan Pengungsi, Gotong Royong Luar Biasa

Kompas.com - 18/01/2014, 21:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla mengunjungi lokasi banjir di Kampung Pulo, Kampung Melayu, Sabtu (18/1/2014). Ia memantau secara langsung kondisi banjir dan pengungsi.

"Ini (penanganan pengungsi) kan kerja gotong royong luar biasa antara pemerintah, tentara, polisi, semua," kata JK di lokasi banjir Kampung Pulo.

JK memandang ada beberapa aspek penanganan pengungsian yang telah dijalankan dengan baik. Namun demikian, ia juga mengatakan masih ada aspek yang masih dikeluhkan karena kondisinya kurang baik. "Saya katakan dari segi makanan tidak pernah saya dengar ada keluhan. Tapi dari kesehatan memang terjadi," ujarnya.

Permasalahan terkait aspek kesehatan muncul karena masyarakat korban banjir banyak yang mengungsi di tempat-tempat yang kurang terjaga kebersihannya. Ini menyebabkan berjangkitnya macam-macam penyakit.

"Masyarakat juga tentunya harus menyadari bisa mengungsi di tempat yang lebih sehat. Di GOR, di manapun," terangnya.

JK memantau lokasi banjir di Kampung Pulo menggunakan perahu karet milik PMI. Kedatangannya membuahkan antusiasme warga yang ingin bertemu secara langsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com