Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan PBB Agustusan di Pedalaman Kongo

Kompas.com - 23/08/2011, 08:41 WIB

KONGO, KOMPAS.com - Pasukan PBB asal Indonesia yang tergabung dalam Satgas Kompi Zeni (KIZI) TNI Konga XX-H/Monusco, memperingati kemerdekaan RI ke-66 bersama masyarakat setempat di pedalaman Kongo, Minggu-Senin (21-22/8/2011).

Satgas Kizi menggelar berbagai kegiatan, baik protokoler, sosial, maupun perlombaan-perlombaan, tak ubahnya seperti peringatan di tanah air. 

Siaran pers Dinas Penerangan Mabes TNI menyebutkan, anggota Satgas Zeni TNI bergerak ke Desa Lemay, sebuah desa di pedalaman yang berjarak sekitar 20 kilometer dari Kamp Bumi Nusantara Dungu. Daerah tersebut berada di sebelah timur Kongo yang terisolir.

Di desa tersebut digelar pengobatan massal bagi warga lokal dan berbagai perlombaan gembira seperti lomba balap karung, balap kelereng, memasukkan paku kedalam botol,  bakiak dan memukul kantong air dengan mata tertutup. 

Menurut Komandan Satgas Konga XX-H/Monusco Letkol Czi Widiyanto, selain untuk memeriahkan peringatan HUT RI, acara itu juga untuk membantu masyarakat lokal yang tidak mempunyai kesempatan untuk berobat karena berada di daerah yang terpencil. 

Acara itu juga untuk meningkatkan keakraban antara Prajurit TNI dengan masyarakat. Banyaknya warga lokal yang ikut berpartisipasi dalam lomba-lomba yang digelar.

Banyak masyarakat yang mungkin baru pertama kalinya dan sangat heran menyaksikan perlombaan khas Indonesia tersebut, tetapi hal inilah yang membuat acara menjadi sangat meriah dan sempat terjadi kelucuan-kelucuan yang membuat semakin ramainya perlombaan. 

Turut hadir juga dalam acara tersebut beberapa pemimpin lokal, baik sipil maupun militer. Acara ditutup dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang dan pemberian bingkisan kepada kepala desa setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com