Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumhur Akan Pimpin Delegasi ke Arab

Kompas.com - 25/05/2011, 18:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidayat akan memimpin delegasi pejabat Pemerintah RI dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, serta BNP2TKI terkait pertemuan dengan Menteri Tenaga Kerja Arab Saudi Adel Mohammad Fakeih berikut jajarannya dalam forum Senior Official Meeting (SOM) atau Pertemuan Antarpejabat Tinggi Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi, yang akan dilaksanakan di Jeddah, Sabtu-Minggu 28-29 Mei mendatang.      

"Ini tugas pemerintah yang diembankan kepada saya agar dilaksanakan sebaik-baiknya menyangkut pembicaraan penting kedua negara dalam upaya meningkatkan pelayanan penempatan dan perlindungan TKI di Arab Saudi," kata Jumhur di Jakarta, Rabu (25/5/2011).      

Anggota delegasi Pemerintah RI yang menyertai Kepala BNP2TKI di antaranya Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kemenlu Lutfi Rauf, Pelaksana Tugas Direktorat Jenderal Binapenta Kemenakertrans Reyna Usman, Deputi Penempatan BNP2TKI Ade Adam Noch, dan Deputi Perlindungan BNP2TKI Lisna Yoeliani Poeloengan, termasuk beberapa pejabat eselon II di ketiga instansi tersebut.      

Menurut Jumhur, keberangkatan dirinya bersama sejumlah pejabat itu merupakan tugas yang diberikan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar.      

Tentang forum SOM di Jeddah ini, Jumhur mengatakan, pertemuan itu difasilitasi atas kerja sama Pemerintah Indonesia melalui Kedutaan RI di Riyadh dengan Kementerian Luar Negeri Arab Saudi. Forum SOM patut diapresiasi, khususnya kepada Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, yang telah berkomitmen memberi agenda bagi kedua negara untuk menyepakati perbaikan pelayanan penempatan dan perlindungan TKI.      

"Kita berharap forum SOM itu menghasilkan pembahasan yang sama-sama bermanfaat dan demi tercapainya kesepakatan perlindungan TKI yang bermartabat di Arab Saudi," ujar Jumhur.      

Selain mengadakan pembahasan perlunya kesepakatan penempatan dan perlindungan TKI yang diagendakan forum SOM, Jumhur dan anggota delegasinya juga dijadwalkan bertemu jajaran perwakilan RI, baik KBRI maupun Konsulat Jenderal RI Jeddah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com