Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Yakin Aset Gayus di Luar Negeri

Kompas.com - 19/03/2011, 13:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Jaksa Agung Darmono mengatakan, saat ini pihaknya belum dapat memastikan soal ada tidaknya aset Gayus HP Tambunan, terpidana perkara pajak, di luar negeri.

Namun, jika ada informasi pasti soal itu, ia selaku Ketua Tim Pemburu Aset akan berupaya semaksimal mungkin. "Kami akan menindaklanjutinya, koordinasi dengan negara lain," ujar Darmono, kepada wartawan, saat konferensi pers di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (19/3/2011).

Langkah tersebut, menurut Darmono, adalah menyiapkan Mutual Legal Assitance (MLA) dan pembekuan aset secepat mungkin. "Itu langkah-langkah yang akan kami lakukan nanti, jika sudah benar terdapat aset dia (Gayus) di luar negeri," ujarnya.

Darmono menjelaskan, proses pengembalian suatu aset yang merupakan suatu tindak pidana mekanismenya harus melalui MLA. Sebab, lanjutnya, MLA adalah sarana membekukan aset dan berguna juga untuk merampas aset tersebut di negara lain.

"MLA juga memungkinkan untuk dilakukannya ekstradisi atas keberadaan seorang tersangka atau terpidana di negara lain," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com