Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawaslu Juga ke Luar Negeri

Kompas.com - 20/06/2009, 15:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Mengikuti kepergian Komisioner Pemilihan Umum yang melakukan bimbingan teknis (bimtek) ke luar negeri, Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) juga bertandang ke luar negeri.

Anggota Bawaslu Agustiano Tio FS menjelaskan, agenda Bawaslu ke luar negeri untuk memberikan penjelasan kepada Panwaslu luar negeri dan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) terkait pelaksanaan pilpres dan sosialisasi pemilu. Bimtek ini dilakukan di lima negara.

Anggota Bawaslu yang telah melakukan kunjungan ke luar negeri adalah Ketua Bawaslu Nur Hidayat Sardini ke New York, Amerika Serikat, dan Wirdianingsih ke Seoul, Korea Selatan. Keduanya berangkat Kamis (11/6) lalu, bukan hari ini seperti yang telah diberitakan sebelumnya.

Adapun untuk anggota Bawaslu lainnya, Bambang Eka Cahya ke Kuala Lumpur, Malaysia pada Jumat (19/6) lalu. Sedangkan Wahidah Suaib ke London, Inggris pada Kamis (18/6) lalu.

"Saya pekan depan ke Kairo, Mesir. Saat ini saya masih menyelesaikan modul untuk Panwaslu luar negeri dan PPLN," kata Tio, Jakarta, Sabtu (20/6).

Ia melanjutkan, kunjungan Bawaslu ke luar negeri ini lebih menghemat anggaran dibandingkan bila memanggil Panwaslu luar negeri dan PPLN ke Tanah Air.

"Awalnya mau mereka yang dipanggil. Tetapi dari sisi anggarran jauh lebih hemat kalau kita yang ke sana," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com