Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Tiba di Filipina, Besok Akan Bertemu Presiden Marcos Jr

Kompas.com - 09/01/2024, 21:50 WIB
Dian Erika Nugraheny,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Manila, Filipina pada Selasa (9/12/2024) malam.

Dilansir siaran pers Sekretariat Presiden, Kepala Negara dan rombongan terbatas tiba di Colonel Jesus Villamor Air Base, Manila, setelah menempuh perjalanan selama sekitar empat jam.

Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Presiden Jokowi mendarat sekitar pukul 20.05 waktu setempat atau 19.05 WIB.

Kemudian, menyambut kedatangan Presiden antara lain Menteri Sekretaris Kabinet Filipina Carlito Galvez; Wali Kota Pasay Imelda Calixto-Rubiano; Duta Besar Filipina untuk Indonesia Gina Jamoralin; Duta Besar Indonesia untuk Filipina Agus Widjojo beserta istri; Atase Pertahanan RI di Manila Kolonel Bambang Wijonarko beserta istri; dan Angkatan Udara Filipina Brigjen Llyod C. Cabacungan.

Baca juga: Komentar Jokowi soal Debat Capres Dinilai Tidak Tepat dan Kurang Etis

Setelah mendarat di Colonel Jesus Villamor Air Base, Presiden Jokowi kemudian langsung melanjutkan perjalanan menuju hotel tempatnya bermalam selama di Manila.

Tampak menyambut kedatangan Presiden di hotel antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Wakil Duta Besar RI untuk FIlipina Dodo Sudradjat, dan Atase Darat RI di Manila Kolonel Wahyu Akadi.

Di Filipina, Jokowi diagendakan akan melakukan sejumlah pertemuan. Salah satunya melakukan pertemuan bilateral bersama Presiden Filipina Ferdinand "Bongbong" Romualdez Marcos Jr yang akan digelar di Malacanang Palace pada Rabu, 10 Januari 2024.

Sebelumnya, saat memberikan keterangan pers di Lanud Halim Perdanakusuma pada Selasa sore, Presiden Jokowi menyatakan dirinya akan membahas kondisi terkini di Laut China Selatan saat bertemu Presiden Marcos Jr.

Selain itu, Jokowi akan membahas soal investasi dua negara saat bertemu Presiden Marcos Jr.

Baca juga: Akan Bertemu Presiden Marcos Jr, Jokowi Bakal Bahas soal Laut China Selatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com