Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Tetapkan Capres-Cawapres Hari ini, Mahfud: Saya Siap

Kompas.com - 13/11/2023, 11:47 WIB
Dian Erika Nugraheny,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bakal calon wakil presiden (cawapres) yang diusung PDI Perjuangan (PDI-P) Mahfud MD menyatakan siap dengan penetapan peserta pemilihan presiden (Pilpres) 2024 yang akan digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin (13/11/2023).

"Ya siap, saya siap penetapannya. Penetapan hari ini kan? Iya hari ini," ujar Mahfud di Hotel Le Meridien, Jakarta, Senin (13/11/2023).

Sebagaimana diketahui, Mahfud MD berpasangan dengan Ganjar Pranowo untuk maju di Pilpres 2024. Pasangan ini diusung oleh PDI-P, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Perindo.

Diberitakan sebelumnya, KPU RI dijadwalkan akan menghelat rapat pleno penetapan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) yang akan berlaga pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024 pada hari ini, Senin.

"Pukul 15.00 akan konferensi pers," kata anggota KPU RI, August Mellaz, Senin pagi.

Baca juga: KPU Tetapkan Capres-Cawapres Peserta Pilpres 2024 Sore Ini

Kemudian, pada Selasa (14/11/2023), KPU RI dijadwalkan akan mengadakan pengundian nomor urut untuk capres-cawapres terpilih tersebut.

Sebelumnya, KPU menyebut bahwa tiga bakal capres-cawapres telah memenuhi syarat (MS) dalam hal syarat administrasi pencalonan yang diajukan pada 19-25 Oktober 2023.

"Semua dokumen administrasi pencalonan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden (capres-cawapres) berdasarkan hasil verifikasi administrasi telah dinyatakan memenuhi syarat," kata Koordinator Divisi Teknis KPU RI, Idham Holik pada 9 November 2023.

Sebagaimana diketahui, ada tiga pasangan capres-cawapres yang menunggu penetapan sebagai peserta Pilpres 2024.

Ketiganya adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar; Ganjar Pranowo-Mahfud MD; dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Mereka sudah menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. Kemudian, telah dinyatakan fit dan sehat.

Baca juga: KPU akan Undi Nomor Urut Capres dan Cawapres pada 14 November 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com