Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BERITA FOTO: Hari Pahlawan Belanda Diperingati di Ereveld Menteng Pulo

Kompas.com - 04/05/2023, 19:27 WIB
Kristianto Purnomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Kedutaan Besar Belanda di Indonesia menyelenggarakan Peringatan Hari Pahlawan, "Dodenherdenking" di Ereveld Menteng Pulo, Jakarta, Kamis (4/5/2023).

Peringatan yang awalnya hanya memberi penghormatan korban Belanda pada Perang Dunia II, namun sejak 1961 juga untuk menghormati korban konflik militer lainnya seperti peristiwa Revolusi Nasional Indonesia.

Duta Besar Belanda untuk Indonesia, Lambert Grijns (kanan) saat peringatan Hari Pahlawan, Dodenherdenking di Ereveld Menteng Pulo, Jakarta, Kamis (4/5/2023). Acara ini untuk mengingat dan menghormati mereka yang kehilangan nyawa selama Perang Dunia II dan konflik lain sesudahnya.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Duta Besar Belanda untuk Indonesia, Lambert Grijns (kanan) saat peringatan Hari Pahlawan, Dodenherdenking di Ereveld Menteng Pulo, Jakarta, Kamis (4/5/2023). Acara ini untuk mengingat dan menghormati mereka yang kehilangan nyawa selama Perang Dunia II dan konflik lain sesudahnya.

Acara dimulai di Gereja Simultan dengan sambutan Direktur Oorlogsgravenstichting Indonesia, Eveline de Vink dilanjutkan dengan sambutan Duta Besar Belanda untuk Indonesia, Lambert Grijns.

Usai Lambert Grijns memberi sambutan peringatan dilanjutkan dengan upacara peletakan karangan bunga di Tugu Bendera Umum.

Duta Besar Belanda untuk Indonesia, Lambert Grijns meletakkan karangan bunga saat peringatan Hari Pahlawan, Dodenherdenking di Ereveld Menteng Pulo, Jakarta, Kamis (4/5/2023). Acara ini untuk mengingat dan menghormati mereka yang kehilangan nyawa selama Perang Dunia II dan konflik lain sesudahnya.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Duta Besar Belanda untuk Indonesia, Lambert Grijns meletakkan karangan bunga saat peringatan Hari Pahlawan, Dodenherdenking di Ereveld Menteng Pulo, Jakarta, Kamis (4/5/2023). Acara ini untuk mengingat dan menghormati mereka yang kehilangan nyawa selama Perang Dunia II dan konflik lain sesudahnya.

Lambert Grijns dan istri terlihat meletakkan karangan bunga atas nama Kerajaan Belanda diikuti perwakilan Kementerian Pertahanan, Yayasan Veteran, Jaringan Bisnis Belanda, Klub Belanda, dan Yayasan Makam Perang Belanda.

Peringatan Hari Pahlawan setiap tahunnya diadakan di Belanda dan berbagai lokasi lain di seluruh dunia untuk mengingat dan menghormati mereka yang kehilangan nyawa selama Perang Dunia II dan konflik lain sesudahnya.

Peletakan karangan bunga saat peringatan Hari Pahlawan, Dodenherdenking di Ereveld Menteng Pulo, Jakarta, Kamis (4/5/2023). Acara ini untuk mengingat dan menghormati mereka yang kehilangan nyawa selama Perang Dunia II dan konflik lain sesudahnya.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Peletakan karangan bunga saat peringatan Hari Pahlawan, Dodenherdenking di Ereveld Menteng Pulo, Jakarta, Kamis (4/5/2023). Acara ini untuk mengingat dan menghormati mereka yang kehilangan nyawa selama Perang Dunia II dan konflik lain sesudahnya.

Di Indonesia selain dilakukan di Ereveld Menteng Pulo, Jakarta peringatan juga dilakukan di Ereveld Kembang Kuning, Surabaya.

Acara di Jakarta ini merupakan kesempatan penting bagi Kedutaan Besar Belanda di Indonesia untuk memberikan penghormatan kepada mereka yang telah berkorban untuk negaranya.

Warga Belanda meletakkan karangan bunga saat peringatan Hari Pahlawan, Dodenherdenking di Ereveld Menteng Pulo, Jakarta, Kamis (4/5/2023). Acara ini untuk mengingat dan menghormati mereka yang kehilangan nyawa selama Perang Dunia II dan konflik lain sesudahnya.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Warga Belanda meletakkan karangan bunga saat peringatan Hari Pahlawan, Dodenherdenking di Ereveld Menteng Pulo, Jakarta, Kamis (4/5/2023). Acara ini untuk mengingat dan menghormati mereka yang kehilangan nyawa selama Perang Dunia II dan konflik lain sesudahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com