Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendarat Darurat di Tengah Hutan, Rombongan Kapolda Jambi Masih Bisa Berkomunikasi dengan Kapolri

Kompas.com - 19/02/2023, 20:34 WIB
Irfan Kamil,
Fabian Januarius Kuwado

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, komunikasi dengan rombongan Kapolda Jambi Irjen tak terputus setelah helikopter yang mereka tumpangi mendarat darurat di tengah hutan Bukit Tamia, Muara Emat, Kabupaten Kerinci, Minggu (19/2/2023).

"Di antara mereka (rombongan) bisa berkomunikasi dengan kami, walaupun kadang kala ada kesulitan," ujar Listyo saat dijumpai di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu malam.

Dalam komunikasi itu, dipastikan bahwa delapan orang yang naik di helikopter tersebut selamat.

Baca juga: Kapolri: Cuaca Buruk Penyebab Helikopter Kapolda Jambi Mendarat Darurat di Tengah Hutan

Namun demikian, seluruh penumpang, termasuk Kapolda Jambi Irjen (Pol) Rusdi Hartono, mengalami luka-luka. Bahkan, ada di antara rombongan yang mengalami patah tulang pada bagian tangan.

Kapolri melanjutkan, melalui komunikasi itu, rombongan Kapolda Jambi menginformasikan posisi mereka mendarat darurat.

Atas dasar informasi itulah, Kapolri menerjunkan tim gabungan untuk melakukan evakuasi.

"Pertama, kami akan melihat medan yang ada. Kalau bisa kita evakuasi menggunakan helikopter, tentunya akan kita gunakan," terang Kapolri.

Secara beriringan, proses evakuasi juga akan dilakukan melalui jalur darat.

"Apabila harus dilakukan evakuasi melalui jalur darat karena kondisi lapangan, tentunya akan kami sesuaikan," lanjut Listyo Sigit.

Baca juga: Kapolri Terjunkan Tim Udara dan Darat Untuk Evakuasi Rombongan Kapolda Jambi di Hutan Kerinci

Sebelumnya diberitakan, Kepada Bidang (Kabid) Humas Polda Jambi Mulia Prianto mengungkapkan bahwa selain Kapolda Jambi Irjen (Pol) Rusdi Hartono, helikopter ditumpangi oleh Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Jambi, Dirpolairud Polda Jambi, tim Koorspri, dan tim ADC Kapolda Jambi.

Menurut Mulia, tim SAR Polres Kerinci sudah menuju lokasi untuk mengevakuasi para penumpang. Ia menuturkan, polisi bakal terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk mengevakuasi penumpang.

Mulia menerangkan, Kapolda Jambi dan rombongan ke Kabupaten Kerinci dalam rangka kunjungan kerja ke Polres Kerinci untuk meresmikan gedung SPKT.

Rombongan berangkat dari Bandara Sultan Thaha, Jambi, sekitar pukul 09.00 WIB. Dalam kunjungan itu rombongan Kapolda Jambi menggunakan helikopter Polri jenis Super Bell 3001.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com