Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dasco Minta Roberth Rouw Interospeksi Usai Tertawakan Kepala BMKG Berlindung di Bawah Meja Saat Gempa

Kompas.com - 22/11/2022, 14:36 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Dani Prabowo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta Wakil Ketua Komisi V Roberth Rouw introspeksi usai menertawakan Kepala BMKG Dwikoritas Karnawati yang berlindung di bawah meja saat gempa Cianjur yang terasa hingga di ruang rapat Komisi V, Senin (21/11/2022) siang.

Diketahui, Roberth tertangkap kamera malah tertawa saat gempa bumi terjadi. Padahal saat itu Dwikoritas justru sedang menunjukkan upaya mitigasi bencana saat gempa untuk melindungi diri.

"Kita juga akan minta kepada pimpinan komisi terkait untuk juga introspeksi agar tidak terjadi kembali hal-hal seperti ini," kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (22/11/2022).

Baca juga: Jokowi: Saya Sampaikan Duka Cita Mendalam atas Gempa Bumi Cianjur

Terkait adanya desakan agar politikus Partai Nasdem itu diberi teguran, Dasco menilai, hal itu bukan menjadi tugas pimpinan DPR. Sebaliknya, Dasco menyerahkan hal itu kepada Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD)

"Ada ranah dari MKD yang mungkin akan mengkaji apakah kemudian itu termasuk pelanggaran atau tidak," jelasnya.

Di sisi lain, Ketua Harian DPP Partai Gerindra itu menilai apa yang dilakukan Roberth tidak ada unsur kesengajaan.

Menurutnya, Ketua Fraksi Nasdem DPR itu hanya spontan tertawa karena melihat situasi orang bersembunyi di bawah meja akibat gempa bumi.

Baca juga: Cerita Korban Gempa Cianjur yang Selamat, Ada yang Keluar dari Reruntuhan Tembok dengan Kondisi Kepala Berdarah

"Itu juga spontanitas karena ya jarang terjadi ketika lagi rapat kemudian ada yang masuk di bawah kolong meja. Walaupun itu adalah SOP ketika kemudian terjadi hal-hal seperti itu. Oleh karena itu, kami meminta hal ini juga tidak diperpanjang," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Roberth Rouw tertawa saat guncangan gempa bumi berkekuatan 5,6 magnitudo di Cianjur, Jawa Barat, terasa hingga ke Gedung DPR, Jakarta Pusat.

Rouw juga mentertawakan mitigasi bencana yang Dwikorita Karnawati lakukan di ruang rapat. Di mana, Dwikorita langsung bersembunyi ke bawah meja.

Momen ini terekam dalam siaran langsung dari Komisi V DPR di YouTube pada Senin siang.

Baca juga: TNI AL Kerahkan 500 Prajurit Hantu Laut Bantu Evakuasi Gempa Cianjur

Saat itu, Komisi V DPR sedang menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan Kepala BMKG dan Kepala Basarnas mengenai evaluasi pelaksanaan APBN tahun anggaran 2022, antisipasi potensi terjadinya cuaca ekstrem, dan penyerahan hasil kompilasi kunjungan kerja pada masa persidangan I tahun sidang 2022/2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com