Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenkes Sebut Vaksinasi Covid-19 Sempat Tembus 2 Juta Suntikan Sehari

Kompas.com - 05/10/2021, 19:01 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan, vaksinasi Covid-19 sempat mencapai 2 juta suntikan sehari.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Widyawati mengatakan, data Satgas Penanganan Covid-19 pada tanggal 29 September 2021 menunjukkan ada 2.049.125 dosis vaksin yang disuntikan.

Rinciannya, sebanyak 1.291.850 dosis vaksin dosis pertama dan 757.275 dosis vaksin dosis kedua.

"Dengan demikian sampai tanggal tersebut jumlah penduduk yang sudah disuntik dosis pertama sebanyak 89.822.987 orang dan 50.412.993 orang untuk vaksin kedua," kata Widyawati dalam keterangan tertulis, sebagaimana dikutip dari laman resmi Kemenkes RI, Selasa (5/10/2021).

Baca juga: UPDATE 5 Oktober: Capaian Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua 25,76 Persen

Widyawati mengatakan, cakupan vaksinasi tersebut dapat dicapai karena gotong royong bersama seluruh pihak terutama TNI/Polri, pemerintah daerah, BUMN dan pihak swasta yang turut membantu.

Ia juga mengatakan, selain bekerja sama dengan berbagai pihak, Kemenkes juga mengeluarkan Surat Edaran untuk seluruh pos pelayanan vaksinasi, Unit Pelaksana Teknis di bawah Kemenkes, seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), RS Vertikal, Poltekkes untuk melakukan vaksinasi kepada semua target sasaran tanpa memandang domisili atau tempat tinggal pada KTP.

"Salah satu strategi pemerintah adalah mengupayakan ketersediaan vaksin dan mempercepat program vaksinasi sehingga semakin banyak masyarakat terlindungi,” ujarnya.

Baca juga: Rampung, Vaksinasi Covid-19 Merdeka di Wilayah Aglomerasi Tak Capai Target

Lebih lanjut, Widyawati mengatakan, pemerintah akan terus berupaya mengamankan stok vaksin dalam negeri baik melalui skema multilateral maupun bilateral.

Oleh karenanya, ia berharap masyarakat dapat melakukan vaksinasi sesuai jadwal yang telah ditentukan.

"Dan selalu melaksanakan protokol kesehatan yang ketat," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com