Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Covid-19, Masyarakat Diminta Tak Rayakan Tahun Baru dengan Berkumpul di Luar Rumah

Kompas.com - 16/12/2020, 21:24 WIB
Sania Mashabi,
Kristian Erdianto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 meminta masyarakat tidak menggelar acara atau berkumpul di luar rumah untuk merayakan pergantian tahun. Pasalnya, sampai saat ini penularan virus corona masih terus terjadi.

"Jadi, perayaan Tahun Baru ini berkumpul di luar, dengan banyak orang, sangat tidak kita anjurkan," kata Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah, di Graha BNPB, Jakarta, (16/12/2020).

Baca juga: Kapolda Jateng: Masyarakat yang Berkerumun Peringati Tahun Baru, Kami Bubarkan

Terkait Hari Raya Natal, Dewi mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada saat berkunjung pada keluarga yang termasuk dalam golongan lanjut usia (lansia). Sebab, lansia termasuk dalam kelompok yang rentan terjangkit Covid-19.

"Tadi kan kita sudah bilang ya risiko-risiko yang tadi di mana banyak sekali terdapat pada orang-orang yang sudah tua," ujar dia.

Baca juga: Satgas Covid-19 Ungkap Efek Domino apabila Warga Tak Patuh Protokol Kesehatan Saat Liburan

Adapun pemerintah telah memangkas periode libur akhir tahun 2020. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mengendalikan penyebaran Covid-19.

Awalnya, libur akhir tahun yang digabungkan dengan cuti bersama dan libur pengganti Idul Fitri 2020 berjumlah 11 hari, setelah dipangkas kini hanya berjumlah 8 hari.

Pengurangan libur akhir tahun dilakukan pada 28-30 Desember 2020. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com