Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompak, Jokowi dan Jan Ethes Lambaikan Tangan Jelang Upacara di Istana

Kompas.com - 17/08/2019, 09:50 WIB
Rakhmat Nur Hakim,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menyapa wartawan sebelum dimulainya upacara peringatan HUT RI ke-74 di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Jokowi menghampiri kerumunan wartawan di samping gedung Istana Merdeka sembari menggandeng cucunya, Jan Ethes. Dia ditemani putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka.

Jokowi, Ethes, dan Gibran kompak mengenakan pakaian adat Bali. Saat Jokowi melambaikan tangan, Ethes pun ikut melambaikan tangannya.

Baca juga: Menilik Makna Busana Suku Sasak yang Dikenakan Jokowi...

Kemudian, putra sulung Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tiba bersama istrinya, Annisa Pohan. Mereka juga datang dengan mengenakan pakaian adat.

Keduanya lalu berfoto bersama Jokowi, Gibran, dan Ethes.

Upacara Kemerdekaan RI ke-74 di Istana akan digelar pada Sabtu (17/8/2019) pagi. Pihak Istana menyebutkan, akan ada kejutan menjelang peringatan Detik-detik Proklamasi.

Dalam beberapa tahun ke belakang, acara puncak tersebut selalu dikemas dengan sesuatu yang baru. Pun pada tahun ini, pihak Istana mengaku juga telah mempersiapkan suatu hal yang berbeda dari tahun sebelumnya.

“Ada kejutan di sana. Nanti kita lihat saja,” ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Baca juga: Mengenal Ki Jagaraksa, Kereta Kencana Pembawa Bendera Pusaka ke Istana

Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tersebut akan dimulai dengan kirab bendera pusaka dan teks asli naskah proklamasi yang dimulai dari Monumen Nasional hingga Istana Merdeka.

Sejumlah penampilan, lanjut Bey, juga telah dipersiapkan untuk memeriahkan suasana.

Pihak panitia telah menyiapkan 11.000 kursi bagi para tamu undangan yang menyaksikan langsung peringatan tersebut ke Istana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com