Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Susi Tinjau Wilayah Pesisir Terdampak Tsunami di Selat Sunda

Kompas.com - 24/12/2018, 14:33 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meninjau daerah pesisir dan kampung nelayan yang terdampak oleh terjangan tsunami di Selat Sunda.

Susi bersama Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) M. Zulficar Mochtar bertolak meninjau daerah pesisir dan kampung nelayan yang terdampak tsunami. Mereka direncanakan meninjau dserah tersebut pada 24-25 Desember.

Rencananya, wilayah yang akan ditinjau ialah Tanjung Lesung dan wilayah pesisir di sekitar Banten yang diterjang tsunami. Selain itu, Susi juga akan meninjau wilayah pesisir di Lampung Selatan yang tedampak tsunami yakni Way Muli dan Kalianda.

Zulficar mengatakan sejak hari pertama terjadinya tsunami, KKP telah mengirim tim untuk memantau kerusakan yang terjadi di wilayah pesisir dan kampung nelayan di sekitar lokasi bencana.

”Tim darat sudah di lokasi. Terdiri dari berbagai unit menuju ke sana. Mereka membangun beberapa posko untuk memberi pertolongan masyarakat di pesisir dan nelayan," ujar Zulficar saat ditemui di pesawat dalam penerbangan menuju lokasi bencana.

Nantinya, di daerah yang akan ditinjau, Susi dan staf KKP akan mendata kerusakan infrastruktur pesisir untuk kemudian diperbaiki.

"Beberapa informasi menyatakan pelabuhan perikanan rusak, ratusan kapal rusak. Kemudian pemukiman ada yang hancur. Kemudian ada tempat budi daya nelayan rusak. Kami akan meninjau sejauh mana kerusakan dan nanti kami coba bantu (perbaiki)," lanjut Zulficar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com