Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Siapkan Kerangka Kerja Sama Jelang Kunjungan PM India

Kompas.com - 28/05/2018, 18:46 WIB
Fabian Januarius Kuwado,
Krisiandi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah kerangka kerja sama disiapkan dalam rangka rencana kunjungan kenegaraan Perdana Menteri India Shri Narendra Modi ke Indonesia, Rabu (30/5/2018).

"Ada beberapa MoU, semuanya sedang kita coba selesaikan. Belum bisa saya sampaikan detail karena semuanya masih dalam persiapan tahap akhir," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Senin (28/5/2018).

Salah satu kerja sama yang dijalin adalah sektor pertahanan.

Meski demikian, Menlu menekankan bahwa India adalah mitra strategis Indonesia, baik dari segi ekonomi, geopolitik dan geostrategis.

Baca juga: Presiden Jokowi Akan Terima Kunjungan PM India

Dari sisi perdagangan, volume perdagangan India-Indonesia meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2017 misalnya, volume perdagangan India ke Indonesia 18,7 miliar dollar Amerika Serikat.

Selain itu, jumlah wisatawan India yang berkunjung ke Indonesia juga meningkat dari tahun ke tahun.

Puncaknya, yakni pada tahun 2016 dan 2017 meningkat 28,8 persen atau sekitar 500.000 orang dibandingkan tahun sebelumnya.

"Jadi, dari indikator-indikator itu, maka itu semua hanya menebalkan posisi kita bahwa India adalah salah satu mitra utama Indonesia di Asia," ujar Retno.

Kompas TV Selain dipakai sebagai tempat ibadah Masjid juga memiliki fungsi sebagai tempat berbagi wawasan ilmu agama atau akhirat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com