Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua DPR Imbau Warga DKI Tak Golput

Kompas.com - 18/04/2017, 10:45 WIB
Nabilla Tashandra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPR RI Setya Novanto mengimbau seluruh warga DKI Jakarta yang memiliki hak pilih untuk berpartisipasi dalam Pilkada DKI putaran kedua, Rabu (18/4/2016).

Kesungguhan warga untuk terlibat langsung dalam Pilkada, kata dia, merupakan bagian dari keseriusan untuk mengawal masa depan, yakni dengan memilih pemimpin yang merepresentasikan keinginan bersama dan kepentingan seluruh rakyat Jakarta.

"Sampaikan suara Anda dengan bijak, pilihlah calon yang sesuai dengan hati nurani, mari berbondong-bondong ke TPS (Tempat Pemungutan Suara) dan menghindari golput," kata Novanto melalui keterangan tertulis, Selasa (18/4/2017).

(baca: Kapolri Instruksikan Tangkap yang Ganggu Keamanan Saat Pilkada DKI)

Dalam putaran kedua ini, ada dua pasangan yang bertarung, yakni Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Novanto juga mengimbau warga Jakarta untuk menyelesaikan dengan baik jika ada permasalahan dan polemik yang masih mengganjal terkait Pilkada DKI.

Sebab, kualitas demokrasi di DKI menjadi contoh bagi daerah-daerah lainnya di seluruh Indonesia.

(Baca juga: Kapolri: Polri Akan "All Out" Amankan Pilkada DKI)

Partisipasi dan keterlibatan tersebut didasarkan rasionalitas, bukan atas dasar mobilisasi atau paksaan.

"Melalui momen Pilkada DKI putaran kedua, masa depan kehidupan yang lebih baik akan dihasilkan lewat Pilkada yang berkualitas dan menjamin keterlibatan seluruh warga dalam kesempatan untuk memberi suara di TPS," kata Ketua Umum Partai Golkar itu.

Kompas TV TNI-Polri Gelar Simulasi Pengamanan Pilkada DKI
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com