Zulkifli: PAN Deklarasi Dukung Anies-Sandi Pekan Depan - Kompas.com

Zulkifli: PAN Deklarasi Dukung Anies-Sandi Pekan Depan

Rakhmat Nur Hakim
Kompas.com - 13/03/2017, 18:24 WIB
Istimewa Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Sekjen Eddy Soeparno, Ketua Dewan Kehormatan Amien Rais, Ketua Majelis Pertimbangan Soetrisno Bachir berpose oke oce, saat acara ngunduh mantu di Rumah Amien Rais di Yogyakarta, Sabtu (11/3/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyatakan pekan depan, partainya akan mendeklarasikan dukungan untuk pasangan calon Anies Baswedan - Sandiaga Uno dalam Pilkada DKI putaran kedua.

Ia menyatakan, pilihan tersebut sudah melewati pertimbangan yang matang dan mendalam serta mendengar masukan dari seluruh elemen partai.

"Soal (salam) Oke Oce itu gini, mudah-mudahan kami akan deklarasi dukungan terhadap Anies-Sandi. Minggu depan di Kantor DPP PAN. Nanti saya undang semua," kata Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/3/21017).

Hal senada disampaikan oleh Wakil Ketua Umum PAN Mulfachri Harahap. Ia mengatakan keputusan mendukung Anies-Sandi diambil mengikuti suara yang ada di akar rumput.

Mulfachri mengatakan, hampir semua akar rumput di PAN sejak awal memang menginginkan partai mendukung Anies-Sandi dalam Pilkada DKI putaran kedua.

Ia mengatakan, hal yang sama juga terjadi di level elite partai. Sebabnya, baik di level elite dan akar rumput sama-sama menginginkan perubahan di DKI Jakarta.

"Apalagi di kami, pasangan nomor 2 (Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Syaiful Hidayat) tidak populer. Dan di elite dan akar rumput kami menginginkan perubahan di Jakarta, menginginkan pemimpin yang lebih dekat dengan rakyat, itu yang jadi pertimbangan utama," ujar Mulfachri.

Dalam putaran pertama, PAN mendukung pasangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni. bersama Demokrat, PPP dan PKB.

Pasangan Anies-Sandi akan menghadapi pasangan Ahok-Djarot yang didukung PDI-P, Golkar, Nasdem dan Hanura.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisRakhmat Nur Hakim
EditorSandro Gatra
Komentar

Close Ads X