Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

Ketua MPR Ucapkan Belasungkawa Mendalam untuk Aceh

Kompas.com - 07/12/2016, 12:36 WIB
advertorial

Penulis

Gempa bumi dengan kekuatan 6,4 SR mengguncang Aceh, Rabu (7/12/2016) pukul 05.30 waktu setempat. Ratusan bangunan dan rumah warga mengalami kerusakan hebat. Warga panik. Korban luka dan korban jiwa berjatuhan. Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyatakan keprihatinannya akan musibah yang menimpa warga Aceh.

“Saya menyampaikan belangsungkawa dan keprihatinan sedalam-dalamnya atas musibah gempa bumi yang menimbulkan korban jiwa dan luka parah. Saya mendoakan agar korban meninggal diterima di sisi Allah SWT dan semoga keluarga diberi ketabahan,” ujar Zulkifli.

Gempa bumi yang terjadi di Aceh menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) adalah gempa tektonik. Pusat gempa terdeteksi di 5,25 lintang (LU) utara dan 96,24 bujur timur (BT), tepatnya di darat pada jarak 106 km arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 km.

Guncangan kuat paling terasa di Kabupaten Pidie Jaya, Pidie, Aceh Besar, Sabang, Bireun, Lhokseumawe, usugan, Meukobrawang, Pangwabaroh, Meukopuue, Tanjong, Meukorumpuet, Panteraja, Angkieng, dan Pohroh. Meski kekuatan cukup besar, BMKG melansir gempa tersebut tidak menimbulkan potensi tsunami.

Saat ini proses evakuasi korban tengah dilakukan. Puluhan korban jiwa dan luka sudah dilarikan ke rumah sakit terdekat, salah satunya RSUD Pidie Jaya dan RSUD Meureudu. Saat ini pihak rumah sakit mengaku memerlukan bantuan obat-obatan dan tambahan tenaga medis untuk menangani banyak korban. Oleh karena itu Zulkifli pun meminta kepada pemerintah daerah dan pihak-pihak terkait saya harap bantuan dapat diberikan secepatnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com