Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Harap Perwira TNI dan Polri Jadi Tokoh Perekat Bangsa

Kompas.com - 30/07/2015, 14:27 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis


SEMARANG, KOMPAS.com – Presiden RI Joko Widodo berharap para perwira muda TNI dan Polri mampu menjaga kemajemukan bangsa. Keragaman yang ada di bumi Indonesia diharapkan tidak menjadi sumber konflik, tetapi menjadi sumber perekat bangsa.

“Konsekuensi bangsa majemuk, tentu makin dinamis dan kompleks. Keragaman dan perbedaan jangan jadi sumber konflik, tapi melengkapi atas kekurangan dan kelebihan sehingga mampu menjadi perekat bangsa. Saya berharap para perwira mampu tampil sebagai tokoh perekat bangsa,” ujar Jokowi di Semarang, Kamis (30/7/2015).

Di hadapan 793 para perwira remaja TNI dan Polri itu, Jokowi menyatakan ikut berbangga dan mengungkapkan rasa syukur. Dia mengingatkan bahwa dilantiknya para perwira merupakan momentum awal untuk melangkah prestasi ke depan.

“Selamat para perwira atas prestasi yang diraih. Ini langkah awal menuju pengabdian dan sebenarnya. Sebagai pemimpin, para perwira tidak saja perlu modal awal, yakni kompetensi, integritas, karakter pribadi yang unggul tangguh, harus kembangkan motivasi dan untuk tantangan yang semakin berat,” tambahnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menekankan para perwira untuk tidak berbuat praktek yang tidak baik. Jika dulu pernah melakukan perbuatan tidak baik, maka usai lulus ini, hal buruk tersebut sudah semestinya ditinggalkan.

“Yang tidak baik, ditinggalkan. Tingkatkan profesionalisme, nanti akan jadi pemimpin hebat, pemimpin yang dicintai rakyat,” ucapnya.

Dia juga berharap agar perwira mengurangi konflik antar prajurit. Para pemimpin muda harus mampu membangun komunikasi yang baik, serta mampu menghindari konflik. Para perwira muda harus mampu membangun kerjasama secara lebih harmonis, serta sinergis. Mereka juga diharapkan mampu membangun komunikasi saat menjalankan tugas-tugas kedinasan.

Sebanyak 793 perwira remaja TNI-Polri dilantik oleh Presiden, Kamis pagi tadi. Mereka yang dilantik yakni 215 perwira TNI AD, 100 perwira TNI AL, 89 perwira TNI AU dan 389 perwira Polri. Hadir dalam pelantikan Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo, Kapolri Jendral Badrodin Haiti, Pangkotama TNI-Polri, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, tamu undangan dan duta besar negara sahabat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com