Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Hormati Proses Hukum Budi Gunawan di KPK

Kompas.com - 14/01/2015, 19:12 WIB
Sabrina Asril

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa ia menghormati proses hukum yang tengah berjalan di Komisi Pemberantasan Korupsi terkait Komjen Pol Budi Gunawan. Pada Selasa (12/1/2015) kemarin, KPK menetapkan Budi sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi.

"Kita hormati proses yang berjalan di KPK," kata Jokowi dalam jumpa pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/1/2015) petang.

Jokowi juga mengatakan, menghormati proses yang berlangsung di DPR. Pada hari ini, Budi menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR. Keputusannya, DPR secara aklamasi menerima Budi Gunawan sebagai Kapolri pengganti Jenderal Pol Sutarman.

"Saya menunggu, saya tidak tahu paripurnanya kapan, setelah itu akan kita putuskan apa kebijakan yang akan kita ambil," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, diajukannya Budi Gunawan berdasarkan data dan masukan yang diterimanya dari Komisi Kepolisian Nasional. Dan ia memilih Budi Gunawan. Jokowi juga mengaku sempat menanyakan soal rekening gendut. Atas hal itu, Jokowi mendapatkan dokumen yang menyatakan transaksi di rekening Budi Gunawan adalah transaksi yang wajar.

Seperti diberitakan, Jokowi mengajukan Budi sebagai calon tunggal Kapolri pada 9 Januari lalu. Pencalonan Budi menuai pro dan kontra karena dianggap berpotensi terjerat kasus dugaan korupsi atas kepemilikan rekening yang dinilai tak wajar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com