Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Cerah Mendukung Penemuan Ekor AirAsia QZ8501

Kompas.com - 07/01/2015, 14:52 WIB
Ihsanuddin

Penulis

PANGKALAN BUN, KOMPAS.com — Serma Marinir Boflet Sirait adalah salah satu penyelam yang berhasil menemukan ekor pesawat AirAsia QZ8501 di Selat Karimata, perairan dekat Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Rabu (7/1/2014) siang. Bersama rekannya, Serka Marinir Oot Sudarma, dia berhasil mengabadikan ekor pesawat itu. Mereka pula yang memasang tali untuk jalur bagi penyelam selanjutnya yang akan turun.

Boflet mengaku tidak menghadapi kesulitan untuk menemukan ekor pesawat itu. Ketika itu, arus di bawah laut tidak terlalu besar. Jarak pandang penyelam terhadap obyek di dasar laut juga cukup mendukung. Cuaca siang itu juga cukup cerah. "Karena arusnya mendukung, kita bisa bekerja maksimal," kata Boflet puas.

Boflet mengaku belum melihat adanya jenazah di sekitar atau di dalam ekor pesawat. Dia berharap tim selanjutnya yang akan turun bisa lebih maksimal melakukan pencarian. "Semoga nanti tim penyelam akan lebih teliti," ujarnya.

Bagian ekor pesawat ditemukan di titik koordinat 03.36.31 Lintang Selatan dan 109.41.66 Bujur Timur. Dua tim penyelam diturunkan di lokasi penemuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com