Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Tumpahan Minyak di Perairan Tempat Hilangnya AirAsia QZ8501

Kompas.com - 29/12/2014, 17:14 WIB
Dani Prabowo

Penulis


TANJUNG PANDAN, KOMPAS.com — Pencarian pesawat AirAsia QZ8501 mulai menemukan titik terang. Pesawat Hercules TNI AU C-130 yang mengitari wilayah perairan Tanjung Pandan menemukan adanya tumpahan minyak di wilayah terakhir hilangnya pesawat AirAsia.

Menurut pandangan mata reporter Kompas.com, Dani Prabowo, yang ikut dalam pesawat Hercules tersebut, tumpahan minyak itu ada di dua titik.

Awalnya, tim TNI AU melakukan penyisiran pertama di perairan Tanjung Pandan. Pada pagi hari, di wilayah itu tidak ditemukan ada tumpahan minyak. Kemudian, sekitar pukul 14.40, Basarnas, yang menyusuri wilayah tersebut, melaporkan adanya tumpahan minyak di perairan Tanjung Pandan.

Pesawat Hercules yang sedianya menuju Pangkalan Bun langsung balik arah ke perairan Tanjung Pandan utara sebelah timur. Ketika sampai di perairan tersebut, ditemukan dua titik tumpahan minyak. (Baca: Pesawat AirAsia dari Surabaya ke Singapura Dilaporkan Hilang)

Dua titik tumpahan minyak itu berbentuk lingkaran. Belum dapat diperkirakan berapa luas tumpahan minyak, hanya siluet warna-warni yang mengapung di atas air yang dapat terlihat dari udara.

Belum dapat dipastikan apakah tumpahan minyak itu berasal dari bahan bakar avtur milik pesawat AirAsia QZ8501 yang menghilang. Tim TNI AU kemudian kembali ke Halim Perdanakusuma pada pukul 14.45. (Baca: Basarnas Fokus Cari Pesawat AirAsia di Sekitar Pantai Tanjung Pandan dan Pontianak)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com