Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Populi Center: Jokowi-JK Unggul Tipis atas Prabowo-Hatta

Kompas.com - 09/07/2014, 18:43 WIB
Fathur Rochman

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Lembaga survei Populi Center mengumumkan hasil hitung cepat sementara Pemilu Presiden 2014. Hingga pukul 17.00 WIB, pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla unggul dengan perolehan suara 50,93 persen. Adapun pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa memperoleh 49,07 persen suara. Total suara yang telah masuk sebesar 96,30 persen.

"Hasil quick count, kita bisa ambil kesimpulan pasangan nomor dua lebih banyak dari pasangan nomor satu," ujar Ketua Populi Center Nico Harjanto saat menggelar jumpa pers di kantor Populi Center, Jalan Tentara Pelajar, Patal Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (9/7/2014) sore.

Nico mengatakan, perolehan suara ini masih bersifat sementara karena belum mencapai 100 persen. Meski demikian, distribusi data yang masuk tidak akan mengubah peta perolehan suara dua kandidat. Nico mengingatkan, masih ada margin of error dari hasil hitung cepat ini. "Perolehan beda tipis ini masih di atas margin of error," kata Nico.

Menurut Nico, pemilu presiden kali ini merupakan kompetisi yang sangat ketat. Sosok dua figur yang berkompetisi mewakili suasana batin masyarakat Indonesia. Sosok Prabowo, kata dia, mewakili sosok pemimpin yang tegas, sementara sosok Jokowi mewakili sosok pemimpin yang jujur dan sederhana.

Survei Populi Center menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error sebesar plus-minus 1 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com