Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Tak Muncul Garansi Pemberantasan Korupsi dari Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK"

Kompas.com - 10/06/2014, 06:33 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Dua pasangan calon presiden-wakil presiden peserta Pemilu Presiden 2014 dinilai tak begitu memperhatikan penegakan dan penerapan antikorupsi di Indonesia. Kedua pasangan seharusnya bisa memberikan garansi atas persoalan itu.

"Mereka mestinya memberi garansi bahwa mereka adalah orang yang siap melawan itu (korupsi). Tapi (garansi) itu tidak keluar dari mereka," ujar pengamat politik Heri Budianto saat dihubungi Kompas.com, Senin (9/6/2014) malam.

Menurut Heri, kedua kandidat semestinya menunjukkan bahwa mereka menjamin penegakan hukum dan pemberantasan korupsi sebagai isu utama. Dia menyayangkan, baik pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa maupun Joko Widodo-Jusuf Kalla masih berkutat pada penguatan Komisi Pemberantasan Korupsi dalam topik ini.

"Keduanya memperkuat KPK dari sisi lain yang lebih banyak dikedepankan. Tapi yang kurang, mestinya mereka mengedepankan soal apa yang menjadi teladan," kata Heri. Tak muncul pula, kritik dia, ketegasan seperti apa yang akan dilakukan kedua pasangan bila ada jajaran kabinet mereka terindikasi korupsi. Menurut Heri, akan sangat menginspirasi bila mereka menyatakan siap mundur dari jabatan ketika ada anggota kabinet terindikasi korupsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com