Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pagi Ini, Presiden SBY Bertolak ke Jepang

Kompas.com - 12/12/2013, 06:42 WIB
Sandro Gatra

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono akan bertolak ke Jepang, Kamis (12/12/2013) pagi. Presiden akan menghadiri 40 tahun ASEAN Japan Commemorative Summit.

Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah mengatakan, dalam acara tersebut akan dibahas berbagai kerja sama, khususnya implementasi ASEAN Japan Strategic Economic Cooperation Roadmap (2012-2022) untuk mendukung pemajuan masyarakat ekonomi ASEAN 2015.

Presiden SBY juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Kedua pemimpin itu akan membahas berbagai perkembangan hubungan dan kerja sama kedua negara. Tahun ini merupakan peringatan 55 tahun hubungan bilateral Indonesia-Jepang.

Faizasyah menambahkan, kerja sama yang akan ditingkatkan, yakni perdagangan, investasi, infrastruktur, dan ketenagakerjaan. Kedua pemimpin juga akan membahas berbagai isu strategis di kawasan yang menjadi kepentingan bersama.

"Sebagai dua negara yang telah menjalin kemitraan strategis, Indonesia dan Jepang tentunya dapat menarik banyak manfaat dari menguatnya persahabatan ASEAN-Jepang," kata Faizasyah dalam siaran pers.

Selama di Tokyo, Presiden SBY juga akan memberikan kuliah umum mengenai Regional Security Architecture di Kensei Kinen Kaikan yang diselenggarakan oleh Japan Institute of International Affairs (JIIA), Japan-Indonesia Parliamentary League, Kementerian Luar Negeri Jepang, dan KBRI Tokyo.

Selain itu, Presiden SBY juga akan melakukan pertemuan dengan kalangan pengusaha Jepang yang tergabung dalam Japan-Indonesia Association (Japinda). Para CEO perusahaan terkemuka Jepang seperti Mitsubishi, Marubeni, Toshiba, Sumitomo, dan Toyota akan ikut dalam pertemuan.

Presiden dan rombongan akan kembali ke Tanah Air pada 15 Desember 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com