Senin, 22 Desember 2014

News / Nasional

5 Pesan Kapolri untuk Kapolda Baru

Rabu, 12 Juni 2013 | 10:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kapolri Jenderal (Pol) Timur Pradopo meminta 11 Kapolda yang menjadi pemimpin baru di wilayah dapat menjalankan tugas dengan baik. Timur menyampaikan lima hal penting yang harus ditindaklanjuti oleh para pemimpin daerah itu. Pertama, terkait masalah korupsi di daerah. Kapolri berharap para Kapolda dapat bersinergi dengan baik bersama instansi terkait, seperti Kejaksaan dan Komisi Pemberantasan Korupsi.

"Intinya apa yang kaitan dengan masalah kerugian terhadap kekayaan negara yang masuk unsur korupsi jadi tanggung jawab," kata Timur seusai serah terima jabatan 11 Kapolda di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (12/6/2013).

Kedua, masalah konflik sosial yang kerap terjadi di sejumlah daerah. Menurut Timur, masalah di hulu harus ditemukan solusinya terlebih dahulu, di antaranya konflik sosial sering berkaitan dengan masalah pertambangan dan perkebunan.

"Jadi, dari awal harus bisa dirumuskan untuk penyelesaian seperti apa sehingga nanti akhirnya tidak masalah pelanggaran hukum," ujarnya.

Masalah ketiga adalah peredaran narkoba. Kapolda diminta mengantisipasi peredaran narkoba dan melakukan penegakan hukum. Kemudian, yang keempat terkait ancaman teror. Kepolisian dan instansi terkait diminta aktif melakukan pencegahan terhadap kasus terorisme. Terakhir, poin kelima, Kapolda diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di satuannya.

"Kaitan masalah pembinaan SDM untuk bagaimana menyelesaikan permasalahan tadi. Sekaligus ujungnya adalah pelaksanaan Pemilu 2014 aman," terang Timur.

Adapun 11 wilayah dengan Kapolda baru tersebut adalah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sumatera Utara, Jambi, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur.


Penulis: Dian Maharani
Editor : Caroline Damanik