Kamis, 28 Agustus 2014

News / Nasional

Batal Jadi Caleg DPR, Pasek Mengaku Lebih Bebas

Jumat, 12 April 2013 | 02:46 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua DPP Partai Demokrat I Gede Pasek Suardika membatalkan niatnya maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) tingkat Dewan Perwakilan Rakyat. Dia lebih memilih menjadi caleg Dewan Perwakilan Daerah untuk Provinsi Bali. Kenapa?

"Ini keputusan pribadi saya. Naluri politik saya tetap dibangun sehingga saya memilih DPD untuk lebih bebas merepresentasikan gagasan saya," ujar Pasek di Kompleks Parlemen, Kamis (11/4/2013). Ia mengatakan, pertimbangannya maju sebagai caleg DPD juga karena permintaan orangtuanya.

Selain itu, kata Ketua Komisi III DPR, Provinsi Bali masih butuh suara di tingkat nasional. Alhasil, sebagai putra asli Bali, Pasek pun mengambil langkah maju sebagai caleg DPD.

Pasek menuturkan, meski maju sebagai caleg DPD, dia tetap masih kader Partai Demokrat. Di sisa masa baktinya sebagai anggota DPR, Pasek mengatakan akan terus mengawal program pemerintahan sampai selesai. "Sudah menjadi tanggung jawab moral politik saya untuk mendukung pemerintahan SBY sampai selesai," katanya.

Pasek membantah ketika disebut pencalonannya ke DPD lantaran sakit hati akan hasil kongres luar biasa partainya yang digelar akhir bulan lalu. Pasek selama ini dikenal sebagai loyalis setia mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum. "Tidak, saya merasa menang. Pertarungan politik itu kan ada dua, satu perebutan figur dan perebutan ide dan gagasan. Itu sudah terujilah ide dan gagasan saya," ungkap Pasek.

Berita terkait dapat dibaca dalam topik: Geliat Politik Jelang 2014


Penulis: Sabrina Asril
Editor : Palupi Annisa Auliani