Jumat, 19 Desember 2014

News / Nasional

KPK Periksa Tiga Saksi Kasus Suap Impor Sapi

Senin, 4 Februari 2013 | 17:46 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai mengumpulkan keterangan saksi terkait dugaan suap impor daging sapi. Pada Senin (4/2/2013), tiga saksi diminta keterangan.

"Terkait proses penyidikan dugaan suap kuota impor daging sapi yang pekan lalu dilakukan penahanan terhadap sejumlah tersangka, ada pemeriksaan tiga saksi untuk empat tersangka," ujar Juru Bicara KPK Johan Budi di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Senin (4/2/2013) petang. Tiga saksi tersebut adalah petugas keamanan PT Indoguna Utama, Suratno dan Priyoto, serta seorang staf pegawai PT Indoguna Utama, Pudji Rahayu.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan empat tersangka dalam kasus dugaan suap ini. Keempat tersangka itu adalah mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq, teman dekat Luthfi, Ahmad Fathanah, serta dua pengusaha PT Indoguna Utama, Juard Effendi dan Abdi Arya Effendi.

Luthfi diduga menerima suap dari PT Indoguna Utama melalui Fathanah. Dia diduga "menjual" otoritas untuk memengaruhi pengambil kebijakan impor daging sapi. Sesudah ditetapkan menjadi tersangka oleh KPK, Luthfi langsung menyatakan mengundurkan diri dari jabatan Presiden PKS dan kini ditahan di Rutan Guntur.


Penulis: Dian Maharani
Editor : Palupi Annisa Auliani