Kamis, 28 Agustus 2014

News / Nasional

Politik

Hanura: Tahun Ini, Wiranto Deklarasi Capres

Jumat, 25 Januari 2013 | 17:22 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Partai Hanura akan mengusung Wiranto sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 mendatang. Deklarasi pencalonan Wiranto sebagai capres akan dilakukan pada pertengahan atau akhir tahun ini. Hal itu disampaikan Sekretaris Fraksi Partai Hanura Saleh Husin, Jumat (25/1/2013), di Gedung Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

"Deklarasinya kemungkinan pertengahan atau akhir tahun ini," ujar Saleh.

Menurut Saleh, Hanura tidak mengulur waktu pendeklarasian Wiranto. Hanura saat ini masih fokus melakukan persiapan pencalegan, demikian pula dengan Wiranto.

"Kalau dia (Wiranto) sekarang deklarasinya, nanti tentu yang dimajukan ego pribadi karena harus bekerja untuk pemenangannya. Nanti malah kepentingan partai akan terbengkalai. Nah, Pak Wiranto ingin fokus membesarkan Hanura," kata Saleh.

Pada saat pendeklarasian itu, lanjut Saleh, Hanura juga belum akan mengungkapkan calon wakil presiden (cawapres). Kandidat cawapres yang diusung Hanura baru akan dibuka setelah pemilihan legislatif berlangsung. "Tentunya nanti kami akan koalisi. Cawapres ini tergantung dari pileg, apakah partai koalisi kami nantinya berikan nama baru atau mengusung nama baru," ujarnya. 

Saat ini, kata Saleh, Hanura juga melakukan survei internal untuk kandidat cawapres. Ia juga membenarkan saat ditanya apakah bos MNC Grup Hary Tanoesoedibjo yang baru saja keluar dari Partai Golkar menjadi salah satu kandidat yang dipertimbangkan.

"Buat kami, sementara ini memang banyak figur yang potensial yang kami pertimbangan. Nama besar yang saat ini muncul juga kami pantau terus apakah nama-nama itu bisa dongkrak elektabilitas," kata Saleh.

Berita terkait dinamika politik dapat diikuti dalam topik:
Geliat Politik Jelang 2014


Penulis: Sabrina Asril
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary