Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segera Bentuk Komnas Penyelesaian Konflik Agraria

Kompas.com - 16/12/2012, 21:04 WIB
Khaerudin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Indonesia membutuhkan pembentukan Komisi Nasional Penyelesaian Konflik Agraria. Perlunya pembentukan komisi nasional yang secara khusus menyelesaikan konflik agraria ini karena semakin banyak jumlah konflik, sementara di sisi lain tidak ada lembaga khusus yang mampu menyelesaikan konflik-konflik tersebut.

"Gagasan perlunya Komisi Nasional Penyelesaian Konflik Agraria ini harus segera terwujud. Komisi ini dibentuk secara khusus dalam rangka mempercepat penyelesaian konflik agraria," kata Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PDI-P Budiman Sudjatmiko di Jakarta, Minggu (16/12/2012).

Menurut Budiman, selama ini rakyat tak pernah menjadi subyek utama dalam pengelolaan kawasan hutan dan sumber daya alam lainnya. Akibatnya, masyarakat tidak pernah dapat secara maksimal bisa mengakses sumber daya hutan.

Kondisi ini, lanjut Budiman, menjadi salah satu penyebab timbulnya konflik di mana-mana. "Dan karena tidak ada tindakan substansial dalam soal redistribusi sumber daya hutan dari pemerintah, maka konflik tak kunjung reda," kata Budiman.

Untuk itulah menurut Budiman, keberadaan Komisi Nasional Penyelesaian Konflik Agraria sangat dibutuhkan. "Komisi ini menjadi semacam komisi-komisi negara yang sudah ada tetapi concern pada penyelesaian konflik agraria. Komisi Nasional Penyelesaian Konflik Agraria juga merupakan gagasan para penggiat reforma agraria," kata Budiman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com