Kamis, 18 Desember 2014

News / Nasional

Sabtu, Penentuan Idul Fitri 2012

Senin, 13 Agustus 2012 | 13:37 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat penentuan Idul Fitri atau 1 Syawal pada Sabtu sore (18/8/2012), kata Menteri Agama Suryadharma Ali di Jakarta, Senin (13/8/2012).

Pernyataan Menag itu disampaikan seusai penandatanganan Surat Keputusan Bersama (SKB) Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) di Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Jalan Medan Merdeka Barat No 3, Jakarta.

"Kami akan laksanakan Sabtu sore, 18 Agustus," kata Suryadharma.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Bahrul Hayat juga menjelaskan, pelaksanaan sidang tersebut diselenggarakan Sabtu sore didasarkan pada perhitungan hisab bahwa pada saat itu hilal sudah di atas nol derajat.

"Kami kan memperhitungkan 1 Syawal dan Idul Fitri berdasarkan hisab dan rukyat," ujarnya.

Memang, diperkirakan Lebaran atau Idul Fitri akan jatuh hari Minggu (19/8/2012), katanya.

Semua ormas Islam akan diundang, termasuk Muhammadiyah, yang pada sidang isbat penentuan awal Ramadhan tidak hadir. Sidang ini akan terbuka dan dilaksanakan di Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin.

Ia menolak jika sidang tersebut diselenggarakan tertutup sebagaimana disarankan salah satu ormas Islam lainnya. Peran pemerintah sebagai mediasi. Dalam sidang itu juga akan hadir dari kalangan Badan Hisab dan Rukyat, katanya.


Editor : Hindra
Sumber: