Rabu, 1 Oktober 2014

News / Nasional

NTB Tuan Rumah Sidang AIPA

Selasa, 7 Agustus 2012 | 20:37 WIB

MATARAM, KOMPAS.com — Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi tuan rumah Sidang Parlemen ASEAN atau ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) dan Pan African Parliament (PAP), yang dijadwalkan berlangsung di kawasan obyek wisata Senggigi, Lombok Barat, sekitar 13 km arah utara Mataram, ibu kota NTB.

Kepala Bagian Humas Pemprov NTB, Tribudi Prayitno, mengemukakan, sidang AIPA dan PAP dihadiri 300 orang. Sebanyak 130 orang di antaranya delegasi negara-negara Asia dan 11 negara kawasan ASEAN. Sisanya adalah peserta pendamping dan delegasi negara peninjau lainnya.

"Selaku tuan rumah, kita harus menyiapkan segala sesuatunya, seperti tempat representatif yang memungkinkan kegiatan AIPA ini berjalan lancar," kata Gubernur NTB Zainul Majdi, Selasa (7/8/2012) di Mataram.

Ketua DPR, Marzuki Alie, selaku Presiden AIPA, pernah meninjau sejumlah lokasi pelaksanaan sidang yang dijadwalkan berlangsung 17-18 September 2012. Dalam pertemuan AIPA dan PAP akan dibahas berbagai bidang kerja sama sebagai agenda utama.

Kerja sama itu merupakan tindak lanjut dari pertemuan awal Presiden AIPA dan Presiden PAP Moussa Idris Ndele di sela-sela pertemuan konferensi The Sixth Ordinary Session of Pan African Parliament, Februari lalu di Markas United Nation Economic Comission for Africa di Etiopia.

 


Penulis: Khaerul Anwar
Editor : Nasru Alam Aziz