Sabtu, 1 November 2014

News / Nasional

Tiga Pimpinan KPK Kawal Langsung Penggeledahan Korlantas

Selasa, 31 Juli 2012 | 05:50 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Tiga pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi mendampingi penyidik KPK yang melakukan penggeledahan di Gedung Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas) Polri, Selasa (31/7/2012). Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas mengatakan, dia beserta dua unsur pimpinan KPK lainnya mendampingi penyidik sejak pukul 23.00 WIB, Senin (30/7/2012).

"Sejak jam 11 kami menemani tim ledah di sini," kata Busyro melalui pesan singkat kepada wartawan, Selasa.

Selain Busyro, dua unsur pimpinan KPK yang ikut mendampingi penyidik adalah Ketua KPK Abraham Samad dan Wakil Ketua Bambang Widjojanto. Penggeledahan kali ini juga dikawal Direktur Penuntutan yang merangkap sebagai Plt Direktur Penyidikan KPK, Warih Sadono.

Sumber Kompas.com dari lingkungan penyidik KPK menyebutkan, tidak kurang dari 10 penyidik yang terlibat penggeledahan di Korlantas Polri tertahan selama berjam-jam dan tidak boleh keluar dari gedung tersebut.

Pada penggeledahan kali ini, penyidik KPK menemukan semua dokumen asli, termasuk aliran dana yang mengarah ke pejabat Korlantas. Para penyidik melakukan penggeledahan itu terkait kasus dugaan korupsi simulator kemudi motor dan mobil.

Saat ini, kata sumber tersebut, situasi di Korlantas Polri tengah memanas. Terkait informasi soal tertahannya penyidik KPK ini, Busyro membantahnya. "Tidak ada yang tertahan. Mereka kerja, kami dampingi," ucapnya.


Penulis: Icha Rastika
Editor : Asep Candra