Senin, 14 Juli 2014

News / Nasional

Paling Lambat Jumat Ada Tersangka Hambalang

Selasa, 17 Juli 2012 | 08:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Pemberantasan Korupsi akan menetapkan tersangka kasus dugaan korupsi proyek pembangunan kompleks olahraga terpadu di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, paling lambat pada Jumat (20/7/2012) pekan ini.

Rencananya, Selasa (17/7/2012) ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menggelar ekspos atau gelar perkara terakhir untuk kasus Hambalang. Berdasarkan informasi yang diperoleh Kompas dari KPK, ekspos terakhir kasus Hambalang ini akan menentukan penanganan kasus Hambalang, yaitu meningkat dari penyelidikan menjadi penyidikan.

Selanjutnya, KPK akan membentuk tim kecil untuk merumuskan pasal-pasal yang dikenakan kepada tersangka kasus Hambalang. "Tim kecil yang dibentuk setelah ekspos terakhir ini akan merumuskan pasal-pasal yang disangkakan. Kemungkinan tim kecil ini bekerja pada hari Kamis. Nah, hari Jumatnya, tersangka kasus Hambalang akan diumumkan secara resmi," kata salah seorang pejabat KPK kepada Kompas, Senin (16/7/2012) malam.

Namun, Wakil Ketua KPK Bambang Widjajanto saat dikonfirmasi mengatakan, kasus Hambalang terus didalami KPK. Meski tidak membantah, Bambang juga tak mengiyakan soal ekspos terakhir kasus Hambalang bakal digelar hari Selasa ini. Sementara Juru Bicara KPK Johan Budi SP mengatakan, pendalaman materi penyelidikan memang dibutuhkan KPK agar kasus ini benar-benar bisa terungkap. KPK, lanjut Johan, juga membutuhkan bukti-bukti material yang kuat agar kasus ini bisa ditingkatkan menjadi penyidikan. "Itu semua masih didalami oleh KPK," katanya.


Penulis: Khaerudin
Editor : Rusdi Amral