Selasa, 25 November 2014

News / Nasional

Besok, Ani Yudhoyono Jalani Operasi di Amerika

Jumat, 15 Juni 2012 | 12:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ibu Negara Ani Yudhoyono akan menjalani operasi di Rumah Sakit Allegheny di 320 North East Avenue, Pittsburgh, Pennsylvania, AS, Sabtu (16/6/2012). Kabar yang beredar di kalangan Istana Negara, Ani mengalami sakit pada saraf tulang leher.

Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, menyatakan, perkembangan terakhir kondisi Ibu Negara hari ini tanggal 14 Juni 2012 waktu Amerika Serikat cukup baik. Ia siap menjalani operasi.

"Hari ini 14 Juni 2012 waktu AS, mulai pukul 09.05-12.10 WS dan 16.35-18.00 WS dilaksanakan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh dan hasilnya baik. Tim dokter dari Allegheney General Hospital, Pittsburg, menyatakan bahwa Ibu Negara siap diambil tindakan besok pagi pukul 07.30 WS," kata Julian saat dihubungi wartawan, Jumat. Pihak Istana Negara memohon doa dari semua pihak agar operasi Ibu Negara berjalan lancar dan sukses.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, tindakan medis terkait penyakit yang diderita Ibu Negara tak dapat dilakukan oleh dokter di rumah sakit di Indonesia. Menjalani tindakan medis di AS, kata Presiden, merupakan hasil rekomendasi tim dokter kepresidenan.

Selama di AS, Ibu Negara didampingi tim kecil, termasuk putra bungsunya, Edhie Baskoro alias Ibas, dan Ketua Tim Dokter Kepresidenan Brigjen Aris Wibudi. Seusai menjalani operasi di AS, Ibu Negara akan mendampingi Presiden Yudhoyono pada Pertemuan Puncak G-20 di Meksiko; Konferensi Pembangunan Berkelanjutan PBB atau Rio+20 di Rio de Janeiro, Brasil; serta lawatan ke dua negara di Amerika Latin lainnya.

Presiden beserta rombongan akan menjemput Ibu Negara pada 16 Juni 2012. Menurut Presiden, penjemputan di AS tersebut masih satu arah menuju Meksiko.

Sepanjang enam bulan terakhir, Ibu Negara setidaknya telah menjalani perawatan di rumah sakit sebanyak dua kali. Pada Desember 2011, Ibu Negara menderita demam tifoid. Sekitar tiga bulan kemudian, Ibu Negara menderita radang kandung empedu. Pada Desember 2011 dan Maret 2012, Ibu Negara mendapatkan perawatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.


Penulis: Maria Natalia
Editor : A. Wisnubrata