Sabtu, 1 November 2014

News / Nasional

Sekilas tentang Sukhoi Superjet

Rabu, 9 Mei 2012 | 19:20 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Pesawat Sukhoi Superjet 100 (SSJ100) adalah pesawat terbaru yang diproduksi pabrikan Sukhoi, Civil Aircraft, yang bermarkas di Moskwa, Rusia.

Pesawat penumpang terbaru buatan Rusia ini telah mendapatkan sertifikat kelayakan terbang dari Badan Keselamatan Penerbangan Eropa (EASA). Sertifikat EASA adalah tahapan prioritas utama dari seluruh program SSJ100.

Pesawat yang mampu membawa 87 sampai 98 penumpang ini telah mengikuti serangkaian uji coba.

Sebelumnya, pakar penerbangan EASA bahkan telah menguji Sukhoi Superjet 100 (SSJ100) di Bandara Blagnac di Toulouse, Perancis, sejak akhir Juni 2011.

Selain pakar, pilot penguji EASA pun telah menjalankan tak kurang 45 uji terbang pesawat baru ini sebagai prosedur sertifikasi IAC AR Type Certificate.

Pesawat canggih buatan Rusia ini dirancang oleh Sukhoi, pabrik pesawat yang terkenal dengan produk-produk pesawat tempurnya, bekerja sama dengan berbagai perusahaan penerbangan Eropa dan AS, seperti Boeing, Snecma, Thales, Messier Dowty, Liebherr Aerospace, dan Honeywell.

Selain mampu mengangkut penumpang hingga 98 orang, pesawat ini juga mampu menjelajah hingga jarak 3.048 kilometer untuk versi dasar, atau 4.578 kilometer untuk versi pesawat jarak jauh, dengan ketinggian terbang hingga 12.200 meter.

Maskapai penerbangan Indonesia, Sky Aviation, telah menandatangani kontrak pembelian 12 unit Sukhoi Superjet 100 dan menjadi operator pertama pesawat itu di kawasan Asia Pasifik.

 


Editor : A. Wisnubrata
Sumber: