Kamis, 18 Desember 2014

News / Nasional

Tiga Anggota DPR Ikut Orasi di Hari Buruh

Selasa, 1 Mei 2012 | 16:06 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Demonstrasi memperingati Hari Buruh Internasional di depan Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (1/5/2012), juga dihadiri tiga anggota DPR, yaitu Anshori Siregar dan Indra dari F-PKS serta Rieke Diah Pitaloka dari F-PDIP.

Di hadapan puluhan ribu buruh yang berdemo, ketiganya turut menyampaikan orasi. "Hapuskan outsourcing. Itu kezaliman. Outsourcing itu pengisap keringat buruh," ucap Anshori.

Selain itu, Anshori juga menyampaikan tuntutan tentang kelayakan upah bagi buruh. Dalam orasinya di tengah ribuan buruh di depan Istana Merdeka, Anshori berjanji akan memperjuangkan kesejahteraan bagi buruh.

"Rakyat adalah buruh, buruh adalah rakyat. Maka tidak bisa dipisahkan antara rakyat dan buruh," ucap Rieke, dalam orasinya.

Rieke juga memperingatkan kepada pemerintah agar tidak mempermainkan buruh dalam membuat kebijakan-kebijakan.

Selain itu, pemeran Oneng dalam sinetron Bajaj Bajuri tersebut juga sempat memuji pergerakan buruh yang sudah mengarah ke arah pergerakan politik.

"Jika gerakan buruh dapat menjadi gerakan politik yang masif,  suatu saat akan ada presiden yang berasal dari kaum buruh," ucap Rieke.

Sementara itu, Indra dalam orasinya mendukung buruh untuk bebas berserikat.


Penulis: Fabian Januarius Kuwado
Editor : Tri Wahono