Sabtu, 20 Desember 2014

News / Nasional

HUT TNI AU

Saksikan Atraksi Puluhan Pesawat Tempur

Kamis, 5 April 2012 | 08:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com –  Peringatan hari ulang tahun ke-66 TNI Angkatan Udara pada 9 April 2012 akan dimeriahkan atraksi udara. Pesawat-pesawat tempur TNI AU yang dipiloti oleh para penerbang muda TNI AU, mulai Kamis (5/4/2012) menunjukkan kemampuan di udara Jakarta dalam latihan menjelang hari H.

Pelaksanaannya dipusatkan di Lanud Halim Perdanakusuma. Seluruh kegiatan terbuka untuk umum, masyarakat Jakarta dan sekitarnya dipersilahkan untuk melihat langsung.

Kepala Sub Dinas Penerangan Umum TNI AU Kolonel Pnb Agung Sasongkojati menjelaskan, pada hari jadi ke-66 ini TNI AU menampilkan kembali kembali atraksi udara dan kemampuan pasukan daratnya di area Taxy Way Echo Lanud Halim. “Kegiatan demonstrasi yang akan dilaksanakan pada gladi bersih dan hari-H bertujuan untuk menampilkan kemampuan dan kekuatan serta kehandalan yang dimiliki oleh TNI AU dalam mengemban tugas-tugas negara,” kata perwira penerbang F-16 ini.

Kegiatan demonstrasi yang dimaksud, berupa atraksi udara yang terdiri dari kegiatan terbang pesawat banner, fly-pass, free fall, aerobatic, operasi udara, dynamic show, dan bomb burst. Berbagai tipe pesawat TNI AU dapat disaksikan, antara lain Hawk-109/209, F-5E/F, F-16A/B, Su-27/30, dan C-130.

Setiap hari menjelang hari H dilaksanakan gladi kotor atau latihan, seperti demo pesawat helikopter Colibri dengan durasi waktu tiga puluh menit mulai pukul 09.00, melaksanakan manuver over the field. Selain itu, Jupiter Aerobatic Team juga akan uji coba holding point, dan fly-pass oleh pesawat F-16.


Penulis: Nasru Alam Aziz
Editor : Robert Adhi Ksp