Robert Tantular Alirkan Rp 25 Miliar ke Yayasan Fatmawati - Kompas.com

Robert Tantular Alirkan Rp 25 Miliar ke Yayasan Fatmawati

Sandro Gatra
Kompas.com - 07/12/2011, 12:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Bareskrim Polri Komisaris Jenderal Sutarman mengatakan, pemilik Bank Century Robert Tantular mengalirkan uang senilai Rp 25 miliar kepada Yayasan Fatmawati dan seseorang. Hal itu diketahui berdasarkan laporan dari pihak Yayasan.

Sutarman menjelaskan, ia menerima laporan dari pihak yayasan dua hari lalu. Pengakuan yayasan, kata Sutarman, uang Rp 25 miliar itu diberikan dalam tiga tahap, yakni Rp 2 miliar, Rp 8 miliar, dan Rp 15 miliar untuk kepentingan yayasan.

Namun, Sutarman tak ingat waktu ketiga transaksi itu. "Rp 20 miliar masuk ke yayasan, Rp 5 miliar masuk ke seseorang. Saya tak akan sebut dulu siapa," kata Sutarman di Kompleks Dewan Perwakilan Rakyat, Jakarta, Rabu (6/12/2011).

Dikatakan Sutarman, pihaknya akan menindaklanjuti laporan itu. Pihaknya akan menyelidiki dan memeriksa Robert apakah uang itu berasal dari dana bail out Bank Century. Jika berasal dari Bank Century, akan ditingkatkan ke penyidikan.

"Kalau uang dari Century akan kita lakukan penyitaan," pungkas Sutarman.

Seperti diberitakan, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tengah merampungkan audit forensik terhadap aliran dana Bank Century. Hasil audit itu akan diserahkan ke Tim Pengawas kasus Bank Century pada 23 Desember 2011.

PenulisSandro Gatra
EditorHeru Margianto

Close Ads X