Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jambi Siaga I Kebakaran Lahan

Kompas.com - 06/09/2011, 18:42 WIB

JAMBI, KOMPAS.com - Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi Tri Siswo mengatakan, Jambi telah memasuki status Siaga I atas kebakaran lahan dan hutan.

Terkait itu, penanganan pemadaman tidak lagi hanya berupa penyemprotan air ke permukaan tanah, pihaknya mulai melakukan suntik gambut pada dua titik kebakaran yang paling luas di Kabupaten Muaro Jambi, yaitu di Desa Seponjen Kecamatan Kumpeh Ilir dan Sungai Gelam Kecamatan Sungai Gelam. Seluruh petugas kami kerahkan untuk memadamkan api, ujarnya, Selasa (6/9/2011).

Selain pengerahan pasukan pemadam, pihaknya mengajukan pengadaan hujan buatan melalui Kementrian Kehutanan. Hujan buatan dinilai mendesak, karena kebakaran terus meluas dari sekitar 500 hektar pada pekan lalu, saat ini telah mencapai lebih dari 1.000 hektar.

Kebakaran terpantau pada 12 titik lahan gambut, termasuk tiga titik dalam kawasan Taman Nasional Berbak di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, dan satu titik dalam Hutan Lindung Gambut Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Hujan buatan perlu dilaksanakan agar jangan sampai api merembet hingga ke bandara, tambahnya. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com