Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembalilah Sebelum Tenggelam

Kompas.com - 26/06/2011, 02:17 WIB

Menurut kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Budiman Sudjatmiko, saat ini sedang diperdebatkan soal format sosialisasi Pancasila di masa reformasi.

Budiman bersama rekan-rekannya yang tergabung dalam Forum Wiken, di Jakarta, Sabtu (26/6), membahas masalah hal ini dalam diskusi ”Manusia Indonesia di Era Pancasila”.

”Dalam acara ini, kami memberi jawaban atas perdebatan itu dengan meluncurkan www.budimansudjatmiko.net dengan software ’Pancasila Interactive’. Software ini untuk mengukur sejauh mana nilai-nilai Pancasila diserap oleh masyarakat saat ini,” ujar Budiman, semalam.

Sementara itu, Direktur Lembaga Pendidikan Mayagita, Maya Rumantir (45), punya cara tersendiri menyosialisasikan Pancasila. Di tempat tinggalnya di Jakarta Selatan, artis penyanyi yang terkenal di awal tahun 1980-an, kemarin, bermain gitar dan melantunkan berbagai lagunya yang bernapaskan Pancasila ciptaannya sendiri.

Ditonton para wartawan, seluruh orang yang menghuni tempat tinggalnya, termasuk putrinya, Kiara Oliveralda Tiurnauli (6), Maya melantunkan beberapa lagu ciptannya, antara lain ”Persahabatan & Perdamaian”, ”Pulihkan Negeri Kami” , ”Dalam Kasih”, dan ”Healing for All Nations (Penyembuhan untuk Semua Bangsa)”.

”Pancasila sangat baik juga kita sosialisasikan di dalam rumah kita masing-masing,” ujar Maya sambil memetik gitar. ”Pidato atau khotbah yang paling jitu adalah langsung memberi contoh,” lanjutnya.

Lain halnya forum diskusi sosial politik Nasional Indonesia (Nasindo). Tiap Jumat malam para anggota kelompok yang dipimpin Samuel Nitisaputra dan Mely Lakalena ini berkumpul mendengarkan lagu-lagu bernapaskan Pancasila dan membahasnya.

Jumat malam, mereka membahas ciptaan lagu Franky Sahilatua, Kembali ke Pancasila.

”Kembali ke Pancasila

Jati diri bangsa

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com