Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SIKIB Beri Buku untuk Korban Bencana

Kompas.com - 05/11/2010, 08:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu menyalurkan 24.237 buku cerita anak-anak berbahasa Inggris ke berbagai wilayah Indonesia, utamanya daerah yang baru saja dilanda bencana alam.

Buku-buku anak tersebut diterima SIKIB dari Ancora Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang memiliki kepedulian dalam meningkatkan pendidikan anak. "Prioritas kami salurkan ke daerah yang dilanda bencana alam," kata Ketua I SIKIB Okke Hatta Rajasa kepada para wartawan di Kantor SIKIB, Jakarta, Kamis (4/11/2010).

Selain daerah yang terkena bencana alam, buku-buku tersebut juga disalurkan ke rumah pintar SIKIB yang memiliki prestasi, seperti memiliki pengunjung terbanyak, dan lainnya.

Sementara itu, CEO Ancora Foundation Atria Rai mengatakan, buku-buku tersebut diperoleh dari Sabre Foundation dari Amerika Serikat. Sabre Foundation sendiri merupakan lembaga nirlaba yang mengumpulkan donasi berupa buku dari penerbit maupun individu.

Buku-buku tersebut kemudian disalurkan ke negara-negara miskin dan berkembang. Mereka meyakini, buku bacaan berperan penting pada pendidikan anak. Sayangnya, masih sedikit anak-anak yang memiliki akses terhadap bahan bacaan bermutu.

Menurut data statistik SIKIB, dari 28 juta anak berusia 0-10 tahun, baru 7 persen yang memiliki akses terhadap bahan bacaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com