Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Pembobol ATM Tewas

Kompas.com - 25/09/2010, 20:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Tak sampai 24 jam, polisi berhasil menangkap sejumlah pelaku pembobolan ATM Bukopin dan ATM Bank Nagari di Kompleks Universitas Bung Hatta, Padang, Sumatera Barat. Dua di antaranya dipastikan tewas tertembak lantaran melawan ketika akan ditangkap.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Iskandar Hasan melalui pesan singkat kepada Kompas.com mengatakan, empat pelaku yang ditangkap dalam kondisi hidup adalah Hen (26), Ikh (28), Sud (24), dan Irw (29) yang merupakan otak pelaku. Dua pelaku yang tewas adalah Ben (27) dan Pak De (25).

Iskandar mengatakan, pihaknya masih memburu dua pelaku lain yang telah diketahui identitasnya, yakni Rat dan It. Kelompok mereka, kata dia, diperkirakan berjumlah 12-15 orang saat beraksi.

Saat penangkapan sekitar pukul 15.00 tadi, polisi menyita barang bukti satu pucuk senjata api jenis Baretta dan uang tunai Rp 20 juta.

Saat melakukan pembobolan, tambah Iskandar, para pelaku sempat menyekap dan mengikat petugas keamanan. Setelah itu, mesin ATM Bank Nagari dibawa pelaku. Adapun mesin ATM Bank Bukopin di las di tempat. "Satu boks ATM BNI dilas, tetapi tidak berisi," paparnya.

Tiga orang tewas Keterangan dari lapangan menunjukkan, kawanan pembobol ATM yang tewas kini sudah mencapai tiga orang. Informasi dari Kabid Humas Polda Sumbar AKB Kawedar menyatakan, tiga pembobol tewas dan dua pelaku lainnya ditahan. Adapun lima pelaku lainnya masih dalam pengejaran.

Terkait kemungkinan adanya keterkaitan dengan tindakan terorisme, Kawedar menyatakan bahwa pihaknya belum dapat memastikan hal tersebut. Oleh sebab itu, Polda Sumbar belum akan melibatkan Tim Densus 88.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com