Jumat, 24 Maret 2017

Nasional

Presiden Belum Perintahkan Penarikan Buku "Gurita Cikeas"

Sabtu, 26 Desember 2009 | 14:30 WIB

Bogor, KOMPAS.com — Kendati menuai kontroversi, hingga kini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono belum memerintahkan untuk menarik peredaran buku Membongkar Gurita Cikeas: Di Balik Skandal Century karya George Junus Aditjondro.

Demikian disampaikan Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha di kediaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Puri Cikeas, Bogor, Sabtu (26/12/2009).

"Sejauh ini tidak ada arahan atau instruksi Presiden untuk menarik buku itu," ujarnya.

Menurutnya, saat ini Presiden tengah mempelajari keseluruhan isi buku tersebut. Diketahui, buku tersebut memaparkan soal keterlibatan Presiden dan keluarganya dalam kasus Century (kini Bank Mutiara).

Di dalam buku itu disebutkan bahwa empat yayasan yang dikelola Keluarga Cikeas, yakni Yayasan Puri Cikeas, Yayasan Kepedulian dan Kesetiakawanan, Yayasan Madjelis Dzikir SBY Nurussalam, dan Yayasan Mutumanikam Nusantara digunakan sebagai pencari dukungan politik dan mencari dukungan dana.

Menurut Julian, Presiden hingga kini belum memberi arahan untuk melakukan serangan balik atas peredaran buku tersebut. "Sementara belum ada arahan sampai ke sana," ungkapnya.

Editor : acandra