Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makam Siti Nurbaya Sepi Pengunjung

Kompas.com - 19/10/2008, 16:23 WIB

 

PADANG, MINGGU - Tempat wisata Gunung Padang sepi pengunjung. Kondisi ini sudah terjadi lama. Padahal, kawasan wisata yang mempunyai panorama indah itu juga dipercaya sebagai tempat makam Siti Nurbaya, tokoh utama novel karya Marah Rusli.

Dari pantauan Kompas di lapangan, Minggu (19/10), tempat wisata ini tidak banyak dikunjungi orang. Padahal, hari Minggu biasanya menjadi tempat orang berwisata.

"Dulu pernah sampai 50 orang pengunjung di hari Minggu. Sekarang paling-paling hanya 10 orang. Untuk mencapai angka 20 orang saja jarang. Hanya sesekali saja ada rombongan anak sekolah datang ke sini. Kalau ada rom bongan, bisa 30 orang datang sekaligus. Tapi itupun sangat jarang," tutur Sarimah, satu-satunya penjaja makanan di puncak Gunung Padang.

Lokasi wisata Gunung Padang sempat mengalami puncak kunjungan wisatawan ketika lokasi ini dijadikan tempat pengambilan gambar sinetron Siti Nurbaya, awal tahun 1990-an. Objek wisata Gunung Padang direnovasi oleh Pemko Padang tahun 1997. Jalan naik menuju makam ataupun puncak gunung ini sudah disemen dan dibuat berjenjang sehingga memudahkan orang untuk sampai ke puncak.

Hanya saja, sebagian tangga kini sudah mulai rusak dan sebagian anak tangga licin karena lumut. Di puncak bukit, pengunjung hanya bisa menikmati pemandangan alam yang indah. Keindahan alam merupakan daya tarik utama tempat wisata ini.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Didi Aryadi mengatakan tempat wisata Gunung Padang masih relatif baik. Pemko Padang baru berencana mengembangkan objek wisata ini tahun 2009 mendatang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com