Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fatmawati, Ibu Negara dan Insan Pejuang

Kompas.com - 16/04/2008, 12:43 WIB

Behind Every Great Man, There's a Great Woman, (Di balik laki-laki besar, selalu ada wanita besar).

Sebuah peribahasa Amerika yang terdapat di Dictionary American Proverbs ini sepertinya sering kali diasosiasikan dengan sepak terjang ibu negara yang berada di belakang para pemimpin.

Peribahasa itu juga yang tepat mencerminkan kekuatan Fatmawati Soekarno, ibu negara pertama negara ini, yang berada di balik kebesaran sang proklamator, Bung Karno.

Setidaknya, dalam pergelaran foto, film dokumenter, dan benda kenangan Fatmawati Soekarno di Jogja Gallery Yogyakarta, hal tersebut terungkap. Pergelaran yang digelar 14 - 21 April ini merupakan peringatan 85 tahun Fatmawati Soekarno.

Menurut Guruh Soekarnoputra, Ketua Yayasan Bung Karno sebagai penyelenggara pameran ini, Ibu Fatmawati merupakan sosok yang banyak menjadi panutan bagi kalangan perempuan pada masa perjuangan di Yogyakarta. Baik sebagai ibu negara, ibu rumah tangga kepresidenan, maupun ibu bagi anak-anaknya, katanya.

Guruh menuturkan, sosok Bung Karno dan Fatmawati telah banyak terlupakan dalam ingatan banyak orang. Apalagi dengan jeda Orde Baru yang begitu lama. Dalam pameran ini, sejarah akan kembali terungkap, tutur Guruh sembari mengisahkan gambar-gambar pada pengunjung.

Untuk itu, penyelenggaraan pameran ini juga merupakan sebuah alur flashback sejarah yang memperkenalkan kembali Fatmawati kepada masyarakat luas.

Berbagai foto, film dokumenter, dan benda peninggalan yang dipamerkan ini memang seperti kumpulan saksi sejarah yang menceritakan potret keseharian Fatmawati.

Dalam berbagai momen yang dihadirkan, kesederhanaan, kesahajaan, dan kemandirian tampak pada perempuan yang telah menjadi ibu negara ketika menginjak usia 22 tahun ini.

Tengok saja sebuah foto yang memperlihatkan bagaimana Fatmawati bersama dua perempuan lainnya tengah mencuci di Kali Code, Yogyakarta, atau foto ketika ibu negara RI ini memotong rumput dalam kerja bakti di lingkungan Istana Negara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com