Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Max Sesalkan Pernyataan Elite Partai Demokrat yang Sebut SBY Akan Menang Aklamasi

Kompas.com - 22/12/2014, 14:53 WIB
Ihsanuddin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Max Sopacua menyesalkan pernyataan beberapa elite Demokrat yang memastikan Susilo Bambang Yudhoyono akan terpilih kembali sebagai Ketua Umum Partai Demokrat pada Kongres 2015.

"Enggak perlu dibilang bahwa SBY akan menang secara aklamasi, biarkan calon lain muncul ke permukaan. Belum apa-apa sudah bilang aklamasi, 80 persen dukung SBY," kata Max, Senin (22/12/2014).

Menurut Max, pernyataan yang muncul jauh-jauh hari bahwa SBY akan menang aklamasi hanya menunjukkan bahwa kongres Demokrat penuh dengan settingan. Dia menilai, akan lebih baik jika saat ini semua calon diberi kesempatan yang sama untuk maju.

"Biarkan para pesaing muncul, kecuali aklamasi di kongres, itu lain. Biarkan muncul calon lain, jangan ditutup," ujar Max.

Menurut dia, sejauh ini sudah ada beberapa nama yang siap bersaing dengan SBY. Mereka adalah Marzuki Alie, Gede Pasek Suardika, dan Ahmad Mubarok. Dia menyadari bahwa saat ini dukungan untuk ketiga tokoh itu memang masih minim, apalagi jika dibandingkan dengan SBY.

"Kalau tidak ada dukungan, (mereka) akan mundur sendiri," ujarnya. (Baca: Kata Ibas, SBY Akan Terpilih secara Aklamasi di Kongres Partai Demokrat)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com