Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Serahkan Uang 1 Juta Dollar AS ke Filipina

Kompas.com - 13/11/2013, 16:19 WIB
Sandro Gatra

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Pemerintah Indonesia telah menyerahkan bantuan uang tunai senilai 1 juta dollar AS kepada Filipina yang terkena bencana topan Haiyan. Bantuan dalam bentuk barang senilai 1 juta dollar AS segera dikirimkan.

"Sudah diserahkan ke Kedubes Filipina di Jakarta uang tunai sebesar 1 juta dollar AS atau Rp 11,8 miliar. Terserah mereka mau digunakan untuk apa. Kita tidak perlu campur tangan," kata Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/11/2013).

Agung mengatakan, bantuan barang akan dikirimkan dengan pesawat Hercules milik TNI, Kamis (14/11/2013), dalam enam kloter. Barang yang akan dikirim di antaranya selimut, air bersih, penjernih air, obat-obatan, dan makanan siap saji.

"Itu nilainya 1 juta dollar AS. Asal dana dari APBN," kata politisi Partai Golkar itu.

Seperti diberitakan, warga kini khawatir terserang penyakit karena setiap hari kehujanan dan tidur di tempat ala kadarnya. Hampir semua bangunan hancur. PBB menyebut sebanyak 660.000 warga mengungsi karena kehilangan rumah.

Mereka juga terancam terkena penyakit akibat mayat para korban belum semuanya dimakamkan. Bahkan, masih ada mayat yang belum bisa dikeluarkan dari reruntuhan. Petugas medis juga menyebut kekurangan obat-obatan, khususnya vaksin antitetanus.

Bantuan internasional mulai mengalir ke Filipina, tetapi baru sebagian kecil yang tiba di Tacloban, wilayah yang paling parah. Kendala utamanya adalah terputusnya akses transportasi akibat terjangan topan yang diperkirakan menewaskan lebih dari 10.000 orang itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com